Nah lho…kok judulnya gitu? Iyoi, jadi ceritanya lagi ada project untuk bikin sistem sms gateway buat klien. Sebenernya klien sudah punya sistem sms gateway tapi karena ada server baru dan aplikasi baru, mereka pengen dibuatin satu sistem baru yang nantinya ditaroh di server baru. Setelah ngobrol-ngobrol, ternyata klien pengen juga sistem yang lama diupgrade ke versi yang terbaru dengan bahasa pemrograman terbaru juga.

Dua puluh hari waktu pengerjaan sesuai dengan MoU dan dilalui dengan baik-baik saja walaupun harus sedikit belajar lagi bahasa pemrograman versi terbaru. Sampailah waktu deadline semakin mendekat…dan ternyata selama ini kami (saya dan teman) lebih fokus pada pengerjaan sistem tapi sedikit melupakan masalah instalasi modem dengan sistem gammu-nya. Karena kita mikirnya semua versi sama aja tinggal install dan jalankan. Ternyata tidak sodara-sodara…server sesuai permintaan diinstall Win 10, dan hanya bisa turun sampai Win 8. Gammu versi terbaru, dan ternyata tidak support 100% di Win 10…gak tau kenapa. Udah googling kesana kesini tetep belum nemu jawabannya.

Sampai hari terakhir deadline tetep belum ketemu jawabannya, akhirnya kita sedikit ngakalin sistem biar bisa tetep jalan dengan baik. Tapi ternyata masih tetep belum stabil dan hasil seperti itu tidak bisa diterima oleh klien kan…Akhirnya ada perpanjangan waktu 2 hari karena memang sebenernya sistem sudah selesai hanya masalah instalasi ke server yang belum sempurna. Di hari yang ditentukan ternyata tetep masih ada saja masalah yang terjadi, sampai-sampai kita mikir solusi yang sebenernya gak masuk akal. Tapi itulah IT, kadang kalau udah mentok solusi-solusi yang gak masuk akal tetap perlu dicoba…haha.

Akhirnya dapat kabar kalau pihak klien sudah benar-benar kasih deadline terakhir, so…ide terakhir adalah nyoba buat nurunin versi gammu. Bukan versi yang terbaru tapi masih di atas versi yang dipakai sekarang. Dan wooolaaa sistem berjalan dengan lancar jaya abadi…fiuuhhh lega….bayaran…haha

One thought to “Upgrade Yang “Gagal””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *